Polsek Kerkap Laksanakan Pengecekan dan Himbau Apotik, Terkait Obat Sirup Anak Yang Dilarang Beredar

Kupasnews.com ,KN Bengkulu Utara – Terkait dilarangnya peredaran obat sirup anak-anak yang telah ditarik peredarannya oleh pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG), Polsek Kerkap langsung turun melakukan monitoring dan sosialisasi ke apotik-apotik yang berada diwilayah hukum Polsek Kerkap, Sabtu (22/10/2022).

Kapolsek Kerkap, IPDA Ratno, SH mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya tersebut merupakan arahan dari Kapolres Bengkulu Utara dalam melakukan pengecekan serta sosialisasi kepada apotek agar tidak menjual obat sirup yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Sesuai arahan, kita melakukan pengecekan dan sosialisasikan serta memberikan himbauan kepada seluruh toko obat dan apotik diwilayah hukum polres Kerkap untuk tidak menjual obat sirup untuk anak-anak yang telah telah ditarik peredarannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena mengandung Dietilen Glikol (DEG) maupun Etilen Glikol (EG),” ujar Kapolsek Kerkap.

Lebih lanjut dikatakan Kapolsek, bahwa tak hanya melakukan pengecekan, sosialisasi dan himbauan ke toko obat dan apotik yang berada diwilayah hukum Polsek Kerkap, tetapi pihaknya juga melakukan sosialisasi serta himbauan kepada masyarakat diwilayah hukum Polsek Kerkap.

“Kita juga melakukan himbauan dan memberikan pemahaman serta pengertian kepada masyarakat agar lebih berhati-hati. Kemudian juga kita meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dalam menyikapi permasalahan obat sirup yang dilarang oleh pemerintah. Setidaknya bisa meminimalisir terjadinya penyakit gagal ginjal pada anak yang disebabkan oleh kadar obat yang tergantung pada obat sirup, agar menciptakan rasa aman di tengah-tengah masyarakat,” pungkas IPDA Ratno. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *