Satreskrim Polres Bengkulu Utara Ungkap Pelaku Penipuan dan Pengelapan Mobil Rental

Bengkulu Utara

Kupasnews.com – Bengkulu Utara – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bengkulu Utara, Polda Bengkulu menggelar press release, Kamis (16/12/21) terkait kasus Perkara Tindak Pidana Penggelapan Atau Penipuan,yang telah diungkap oleh satuannya.

Seorang ibu rumah tangga, AP (39), warga Kelurahan Gunung Alam, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, terbelit kasus dugaan penipuan dan pengelapan kendaraan. Janda dua anak ini ditetapkan tersangka usai mengadaikan mobil yang dia rental kepada orang lain, 16 Desember 2021.

Keterangan otoritas Kepolisian menyebutkan, kepada korban tersangka merental kendaraan L 300 jenis pick up selama 10 hari. Biaya perentalan mobil dipatok pada harga 400 ribu rupiah perharinya. Namun, setelah setelah waktu yang telah disepakati, tersangka malah mengadaikan mobil tersebut kepada orang lain dengan harga 40 juta rupiah.

Tak sendiri, tersangka melakukan aksinya bersama rekannya lainnya berinisial, KM (22), yang saat ini telah ditahan oleh pihak Kepolisian Ganding Cempaka, Kota Bengkulu.

“Ada barang bukti lembaran surat perjanjian diatas materai. AP berperan sebagai pihak yang menghubungi dan meyakinkan korban. Rental mobil akan digunakan untuk mengangkut sayuran dan ikan air tawar,” kata KBO Reskrim Polres Bengkulu Utara, IPDA Joko Susanto.

Ditambahkan joko “Untuk meyakinkan korban, tersangka sempat menitipkan uang 1 juta rupiah, hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan pembayaran sewa kendaraan. Kepada petugas, tersangka mengaku uang sebesar 40 juta digunakan untuk menutupi sewa rental mobil sebelumnya. Sementara itu, pihak yang menerima mobil dari tersangka saat ini tengah dicari Polisi untuk di mintai keterangan”.

Akibat ulah tersangka dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 (empat) tahun.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.